BUANA MUKTI GELAR SYUKURAN DESA

Buana Mukti,24 Desember 2020
Pemerintah Desa Buana Mukti Kecamatan Pulau Rimau menggelar acara Syukuran Desa pada hari Kamis, 24 Desember 2020 yang melibatkan seluruh unsur masyarakat, suku dan agama dengan tema menjalin silaturahmi, menjaga kebinekaan dan kerukunan umat beragama. Pada acara ini diisi dengan penyajian 24 tumpeng, tidak ada makna yang istimewa dari jumlah tumpeng tersebut hanya berdasarkan tanggal pelaksanaan syukuran desa ini tanggal 24.

Tokoh masyarakat Wasis Basyarudin menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Desa yang telah menyelenggarakan acara ini, ini yang pertama dan semoga acara ini dapat terus dilestarikan dimasa-masa yang akan datang. Mari tetap jaga kerukunan yang telah terjalin selama ini.
Ditambahkan oleh I Made Dewa Sudiarse tokoh umat Hindu bahwa Buana Murti terdiri dari berbagai keberagaman dalam budaya, adat, suku dan termasuk agama. Hingga saat ini tetap terjalin kerukunan dan kekompakan antar umat beragama, mari tetap kita jaga dan pertahankan kerukunan ini.

Pj.Kepala Desa Buana Mukti Gunadi menyampaikan acara ini kita gelar sebagai ungkapan syukur dan kegembiraan, karena Buana Mukti yang terdiri dari beberapa suku dan beberapa agama, dimana agama yang mayoritas Islam dan Hindu namun dapat hidup harmonis, rukun, mampu hidup berdampingan dalam perbedaan. Disamping itu, ditengah pandemi Covid 19 yang melanda negeri kita tercinta ini Buana Mukti masih aman dan dalam kategori zona hijau.

Sementara itu, Camat Pulau Rimau Drs.Edhi Haryono menyampaikan salut dan sangat mengapresiasi pada Pemerintah Desa yang telah berhasil memfasilitasi digelarnya acara hari ini, semoga terus dibudayakan dan dapat menjadi kearifan lokal di Kecamatan Pulau Rimau.

Pada hari ini semua suku,tokoh adat dan penganut agama hadir berkumpul dengan harmonis di acara ini, ini menunjukan bahwa di desa ini sangat menjaga kebhinekaan dan menghargai perbedaan. Oleh karena itu, mari tetap kita jaga kekompakan ini, jangan mudah terprovokasi oleh isu-isu yang dapat memporak-porandakan kesatuan dan persatuan yang ada di Buana Mukti ini. Hal semacam inilah yang akan dapat menangkal isu-isu radikalisme yang provokatif.(ps)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*